Cari Blog Ini

Jumat, 18 Maret 2011

Awas Ada Kecoak!


Kecoak ternyata sudah ada sejak 300 juta tahun yang lalu, dan ternyata dia tidak banyak berevolusi seperti kebanyakan hewan-hewan lainnya. Sang kecoak ternyata juga ditakdirkan untuk bertahan di segala macam kondisi seperti panas menyengat atau dingin membeku, terlebih lagi kecoak juga lebih resisten terhadap radiasi ketimbang makhluk lain. Binatang ini mampu bertahan hidup tanpa kepala sampai sebulan, sampai akhirnya dia mati kelaparan. Benar kawan, kecoak tidak membutuhkan kepala untuk bernafas, bahkan otak sebagai alat kontrol tubuhnya. Kehilangan kepala tidak membuatnya kehilangan darah seperti kita.



Daur Hidup Kecoak

Di alam bebas, ia menjadi santapan predatornya seperti burung, mamalia kecil, dan binatang amfibi. Namun kecoak kota (kecoak di perkotaan) nyaris tidak punya musuh, kecuali ya kita ini yang mati-matian berusaha untuk membunuh kecoak itu. Faktanya, kecoak memiliki pelindung yang kuat di punggungnya yang membuat ia tidak mudah mati dipukul. Oiya buat informasi nih, jangan kira kecoak langsung mati ketika dipukul ya! Beberapa menit kemudian kecoak itu akan kembali berjalan dan kabur entah kemana.

kecoak bisa menghasilkan 40 ekor kecoak Junior dalam sebulan. Mereka adalah kaum Omnivora yang bisa memakan Feses, lem, sisa makanan di dapur, organisme mati (termasuk mayat manusia), bahkan keturunannya sendiri.

Kecoak mungkin kelihatan menjijikkan di dapur anda, sudah menjadi kesalahanpahaman umum bahwa kecoak adalah pembawa penyakit.

Para ilmuwan menyatakan hanya 1 persen dari keseluruhan spesis kecoak yang membawa penyakit.
Fakta ini dan beberapa keterangan sangat terperincin mengenai kelompok serangga yang biasa disebut Blattodea ini sekarang dapat dibaca di database kecoak online pertama di dunia, diluncurkan oleh Natural History Museum , London.

Sebagian yang dapat diungkap dari file online spesis Blattodea, adalah:



Kecoak terberat
Kecoak rhinoceros Australia, dengan berat 1 ounce (30 gram) atau sama dengan 3 ekor burung berkicau dewasa yang biasa disebut blue tits .



Kecoak terkecil
Fungicola Attaphila Amerika Utara, panjangnya sekitar 3 milimeter atau sedikit lebih panjang dari seekor semut merah, hidup di sela-sela sarang semut daun.


Kecoak paling berisik

Kecoak Madagascar.


George Beccaloni, seorang pakar kecoak di Natural History Museum, menyusun database tersebut dari 1.224 halaman katalog yang dibuat Karlis Princis, diterbitkan dalam 8 seri antara 1862 sampai 1971.

“Kecoak adalah kelopok serangga yang sangat menakjubkan”, ungkap Beccaloni. “Ada sekitar 4.500 spesis yang telah dideskripsikan”, namun kemungkinan sekitar dua atau tiga kalinya belum ditemukan atau dideskripsikan.

kecoak juga bisa jadi inspirasi buat peneliti
Kecoak menjadi kunci sukses bagi sekelompok ilmuwan di India yang sedang mengembangkan tekhnologi jantung buatan. Dengan menggunakan jantung kecoak sebagai model, sebuah prototype yang dihasilkan mampu memberikan sebuah jantung buatan yang lebih murah dan lebih bisa diandalkan untuk dicangkok dibanding dengan jantung buatan yang sekarang ada.

Kunci utama jantung buatan tersebut berkaitan dengan sistem pernafasan kecoak yang sangat unik. Kecoak memiliki 13 bilik pemompa darah, sedang manusia hanya memiliki 4. Jika sebuah bilik jantung manusia mengalami kegagalan(tidak mampu memompa) maka dia akan mendapatkan serangan jantung yang sangat fatal, tapi dengan jantung yang memiliki 13 bilik ini, jantung akan tetap mampu memompa meskipun 1 bilik mengalami kerusakan.sumber

Dibawa keluar angkasa
ecoak mampu hidup selama 18 bulan di luar stasiun luar angkasa. Kecoak diperkirakan bisa hidup di planet yang dihuni oleh alien.

Dalam ujicoba, serangga dibawa keluar stasiun luar angkasa. Wakil presiden Russian Academy of Science, Anatoly Grigoryev mengatakan, kecoak dari Afrika dipilih karena bisa hidup di wilayah yang sangat ekstrem.sumber

Indikator kebersihan
Kecoak membantu membersihkan lingkungan kita dari sisa-sia organisme. Dan yang paling menarik adalah, kecoak bisa dijadikan indikator kebersihan di rumah. Serius nih, jika kita sudah membersihkan rumah, tapi ternyata kecoaknya masih menginvasi dapur kita, bergembiralah. Percaya atau tidak, ini sesungguhnya bukti bahwa lingkungan rumah kita sudah bersih.

Tapi hati2 bisa juga jadi penyebab asma!!!
[QUOTE]Salah satu penyebab potensial meningkatnya asma pada anak-anak adalah banyaknya kecoak. Sejak lama banyak ahli alergi dan peneliti asma menduga adanya hubungan yang erat antara kecoak dan asma di pusat kota.

Perhatian terhadap kecoak sebagai pemicu asma terjadi pada saat para peneliti menjelaskan terjadinya peningkatan penderita asma di seluruh dunia. Hipotesis lain mencakup peningkatan polusi udara, perubahan kadar ozon, dan meningkatnya waktu yang dihabiskan orang di dalam ruangan, tempat beradanya sejumlah besar alergen dan dalam waktu lama.sumber

Tapi kalo mau di jadiin sup jg bisa!!!

Sebuah kantin yang menjual olahan daging di dalam gedung Knesset (parlemen Israel) telah ditutup pada hari Selasa lalu hingga diterbitkannya hasil pemeriksaan lanjutan. Penyebabnya? Seekor kecoak. Ya, kecoak. Entah bagaimana caranya, binatang kecil yang sering dianggap menjijikkan oleh banyak orang tersebut mampu merambat dan bersembunyi di dalam piring saji yang siap untuk dihidangkan.sumber

Atau kecoa goreng???

Sudah dulu ya bahas kecoaknya, mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar